Fajar Maulana
Fajar Maulana keep smile!! :)

PT. Mitsubishi Krama Yudha Motors And Manufacturing

Tidak ada komentar



Pabrik PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKYI) mendapat pinjaman maksimum sebesar Rp 1,62 triliun dari bank kerjasama internasional Jepang (JBIC) baru-baru ini. 



Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia Dapat Pinjaman Rp 1 Triliun Lebih dari Bank Jepang, https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/07/11/pt-mitsubishi-motors-krama-yudha-indonesia-dapat-pinjaman-rp-1-triliun-lebih-dari-bank-jepang.

Editor: Dewi Agustina


 Pada tanggal 18 Januari 1973 terjadi persetujuan usaha patungan (Join Venture) antara PT. Krama Yudha, Mitsubishi Corporation dan Mitsubishi Motor And Manufacturing yang kemudian pada tanggal 1973 didirikan PT. Mitsubishi Krama Yudha And Manufacturing yang mempunyai modal dasar $ 42.866.250 dan modal disetor sebesar $ 42.866.250. PT.Mitsubishi Krama Yudha Motors  And Manufacturing ini merupakan perusahaan dengan penanaman modal asing (PMA) yang bekerja sama dengan jepang dengan pemegang sahamnya terdiri dari:

          1.  PT.  Krama Yudha, Indonesia : 18,22%
          2.  PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors, Indonesia : 17,22%
          3.  Mitsubishi Corporation, Jepang : 32,28%
          4.  Mitsubishi Fuso Truck And Bus Corporation,Jepang : 32,28%

Tahap pengembangan diawali dengan pembangunan mesin pabrik dimulai pada tanggal 14 Januari dan selesai dalam waktu empat bulan yang dilanjutkan dengan pemasukan mesin-mesin dan peralatan pada bulan mei. Produksi percobaan dimulai pada pertengahan bulan oktober 1974 yang berlangsung untuk beberapa bulan.sedangkan produksi komersial dimulai pada tanggal 6 januari 1975.Pada tanggal 1 Januari 1988 PT.Mitsubishi Krama Yudha Motors  And Manufacturing melakukan merger dengan PT. Colt Engine And Manufacturing yang kemudian disebut dengan PT.Mitsubishi Krama Yudha Motors  And Manufacturing.Pada tahun 1998,dimulai Export komponen mesin antara lain Cylinder Head, Crank Shaft dan Connecting Road ke Jepang (MMC Kyoto). Kemudian pada tahun 1999 mengexport komponen body ke philipina (MMPC). Dan pada tahun 2000 export dilakukan  untuk transmisi ke Philipina (ATC).


1.1          Struktur Organisasi

Struktur organisasi merupakan kerjasama untuk mencapai tujuan organisasi yang bersangkutan. Suatu bagan organisasi dapat menggambarkan pembagian tugas dan fungsi yang ada dalam perusahaan PT.MKM  . Pimpinan tertinggi di PT MKM adalah seorang presiden direktur,yang ketika menjalankan tugasnya dibantu oleh dua orang Wakil Presiden Direktur




Skema Organisasi Perusahaan

1.2       Kegiatan Usaha Perusahaan

PT. Mitsubishi Krama Yudha Motors and Manufacturing merupakan perusahaan yang memproduksi komponen-komponen untuk kendaraan, baik itu komponen untuk badan kendaraan maupun komponen untuk mesin kendaraa. Oleh karena itu dalam kegiatannya terbagi menjadi dua bagian yang masing-masing menghasilkan produk yang berlainan.
Adapun bagian-bagian tersebut adalah:

  1. Stamping Factory
Pada Pabrik ini memproduksi komponen-komponen untuk badan dan rangka kendaraan, yang kegiatannya adalah mengelola lempengan logam dari pemotongan, pengepressan sampai perakitan untuk menghasilkan kendaraan yang berkualitas tinggi.
Komponen yang dihasilkan adalah:
a)      Body kendaraan
b)      Chasis
c)      Steering
d)     Fuel tank
e)      Exhaust pipe
f)       Muffler
  1. Engine Factory
Engine Factory merakit komponen-komponen mesin baik yang berasal dari komponen local maupun komponen yang berasal dari luar menjadi satu mesin yang siap pakai dengan kualitas tinggi.
Komponen yang dihasilkannya adalah:
a)      Cylinder head
b)      Crank shaft
c)      Cylinder block
d)     Connecting rod
e)      Cam shaft
f)       Transmission case
g)      Extension housing


1.3      Estabhlishment

  • 1973 Aug.       Foundation of PT. MKM (Stamping Plant).
  • 1975 Jan.         Strat Productin of Body Parts.
  • 1982 Dec.        Foundation of PT. CEM (Engine Plant).
  • 1985 Mart.      Start Assembly of Engine.
  • 1987 Jan.         Start Machining Parts of Engine.
  • 1990 Oct.        Start Production of COLTT120ss (co-develop SUZUKI).
  • 1990 Oct.        Start Supply Machined parts for engine to SUZUKI/Mazda.
  • 1995 Jan.         Obtain 9% share of PAMINDO (Pressed parts Manufacturer).
  • 1996 Dec.        Obtain 99% share of KKM (Passenger car Assembly Plant).
  • 1997 Nov.       Start production of Colt Diesel.
  • 1999 Jan.         Start production of KUDA.
  • 2002 jan.         Obtain Certificated of ISO9001-2000.
  • 2003 Apr.        Obtain Certificated of ISO14001.
  • 2004 May.       Implementation of SAP.
  • 2004 Aug.       2000 tons Press Machine Installment.
  • 2005 Sep.        KKM stop Production (Passanger Car)
  • 2006 Dec.        Start Production of New Colt Diesel (TD,Euro-II)
  • 2007 Nov.       Transferred shared from MMC to MFTBC.
  • 2009 Aug.       36 Years Anniversary.



Fajar Maulana

Komentar